Catatan Kerusakan Tv panasonic

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 1612R
Gejala : mati total ada bunyi ddesis
Penyebab : tegangan 24v short
Solusi : ganti ic vertikal AN 5521


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 2110BC
Gejala : gambar hitam,suara normal
Penyebab : elco 220u/160v kering/bocor
Solusi : ganti elco 220u/160v

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : lupa boss
Gejala : mati total, suara berdenyit2
Penyebab : zener56v short
Solusi : ganti zener dan masalah teratasi
Catatan : hati chasise nyetrum

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC.21RY21J
Gejala : 1.sinyal gambar lemah mirip gejala kerusakan agc.2.gambar agak sempit atas & bawah
Penyebab : ic 851 teg output 5v berkurang
Solusi : ganti R889 3.3ohm



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : Goldseris
Gejala : Tv tidakbisa start tegangan melunjak tinggi
Penyebab : Elko 47uf/50v pada rangkaian smps kering ganti kedua duanya
Solusi : Cek tegangan b+ dan zener cek kedua elko 47uf/50v pada bagian primer smps cek juga elko pada bagian sekunder smps
Catatan : Cek rangkaian bost up

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC21FJ50J
Gejala : Timbul garis Horizontal
Penyebab : Retak pada bagian IC vertikal
Solusi : solder ulang bagian vertikal dan mengganti capasitor bag. vertikal


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc-2012Rc
Gejala : tidak bisa nyimpan program canel.
Penyebab : salah satu dioda OA90ag ada yang putus/short.
Solusi : cek dari 5 dioda ini salah satu ada yg putus/short.tipe ini susah di dapat di toko.ganti aja pakai bekas radio jadul,tapi ku coba ganti pakai in 4148 bisa.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : mx series
Gejala : protec,harus menekan tombol power berulang -ulang baru start
Penyebab : elko 10/35v agak short
Solusi : ganti elco 10/35v ato 100/35v


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc2088
Gejala : Kontras tidak dapat disetel
Penyebab : resistor ABL 220k lemah/ berubah resistansi
Solusi : ganti R 220K ABL


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC1450
Gejala : TDK ADA SUARA
Penyebab : MUTING INPUT
Solusi : CEK/GANTI Q1112 & Q 1113

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC1450
Gejala : BLANGKING & PROTEK
Penyebab : VIDEO QUT TDK ADA
Solusi : GANTI IC AN5600



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC20T8
Gejala : MATI TOTAL
Penyebab : REGULATOR TAK KERJA
Solusi : GANTI Q801 DAN Q804 C4804/A1215



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : t20m88
Gejala : raster polos,blawur,OSD ada tapi tdk jelas,tdk fokus.suara ada.
Penyebab : tegangan fokus tidak normal
Solusi : stel kmbali trimpot fokus FBT,lepas dan cek soket CRT,ukur resistansi pin gnd CRT thd pin lainnya,posisi ohm meter x10k,jika jarum bergerak sdikit saja,sebaiknya ganti soket.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 21 Inch
Gejala : Pertama dihidupkan Gambar Buram (tdk Focus).Setelah +/- 5 menit, gambar berangsur normal
Penyebab : Socket tabung korosi ( Kotor )
Solusi : Ganti Socket Tabung



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : mc691wj
Gejala : gambar redup dan terang bergantian
Penyebab : ground rgb bermasalah
Solusi : solder ulang kabel ground


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC14V11
Gejala : B+ tinggi jadi 110V, normal 90V,protek kerja
Penyebab : R832 (5k6) terbakar, R837 (1K) putus
Solusi : Ganti R832 dan R837

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : st1465
Gejala : suara mengecil
Penyebab : IC 2145 rusak
Solusi : ganti IC 2145


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc2076rs
Gejala : mati total, ada suara mendesis,flyback bocor
Penyebab : terkena petir,flyback bocor dan rusak
Solusi : ganti flyback


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : alfa gold series
Gejala : mati total,led indikator mati
Penyebab : kerusakan power supply
Solusi : cek elco2,ic 7805 pada bagian regulator


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 14S10J
Gejala : layar putih dan garis blangking putih
Penyebab : resistor R 374 1ohm/2watt putus akibat dari IC TDA 6107JF short
Solusi : ganti R 374 dan ic TDA 6107JF dengan yg baru


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc 2088
Gejala : suara sember
Penyebab : dioda 2301 short
Solusi : ganti D2301


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 2088 21 INCH
Gejala : POWER ON MATI LAGI
Penyebab : RANKAIN PROTEKTOR RUSAK
Solusi : CEK/GANTI TR Q451(A564) KE RANGKAIN IC AN5607NK PIN 20

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : jadul
Gejala : mati total ada bunyi mencuit pada trafo swiching
Penyebab : dioda pembatas tegangan rusak..
Solusi : ganti dioda RM 25 atau dengan persamaannya dioda zener 56 v....


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-2088MNB
Gejala : Led indikator kedip-kedip
Penyebab : D511(sensor heater)mengalami short
Solusi : ganti part diode dg yang baru
Catatan : SUKSES BUAT REKAN-REKAN SEMUA


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 2088
Gejala : Gambar gelap , suara ada .
Penyebab : Di bagian ABL.
Solusi : Periksa R525- 150 Kohm .


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : yg pakai trafo C1C6A
Gejala : tdk ada gambar & suara
Penyebab : dioda Panasonic short,elko Regltr 47uf/35v & 47uf/50v
Solusi : ganti semua yg ada di penyebab.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : quintrik
Gejala : raster blawur warna warni
Penyebab : soket tabung korosi
Solusi : ganti soket tabung,dengan yang baru dijamin

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : blek series
Gejala : buyi cit cit ga hidup
Penyebab : dioda zener konslet
Solusi : ganti dioda zener skunder+ganti elko di power suplay biar aman


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc 2088 gold sound
Gejala : suara ada crt tidak hidup,pemanas tidak menyala teg. hanya 2 volt. tegangan b+ normal output dari flyback turun atau gak normal.
Penyebab : flyback rusak.
Solusi : ganti flyback



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 29 inch
Gejala : sewaktu di program tak dapat siaran 1 pun
Penyebab : tuner rusak.
Solusi : ganti 1 blok tuner lengkap.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc25v20j
Gejala : kali pertama dinyalakan normal,beberapa saat kemudian horizontal out mati,sementara fungi panel tetap bekerja(volume dan chanel)
Penyebab : tegangan 5v utk ic processor turun,ini disebabkan oleh kerusakan elco (c826),pada filter reg out 7805.
Solusi : elco diganti


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-20S11J
Gejala : hanya standby,tombol di tv tidak berfungsi meskipun dari remot tetap standby
Penyebab : tegangan AC220 tidak stabil
Solusi : ganti TR DRIVER horizontal D1275A atau C1573
Catatan : Periksa semua tegangan dari regulator harus stabil. kalo oper. tr selalu mati

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC20T8
Gejala : MATI TOTAL
Penyebab : REGULATOR TAK KERJA
Solusi : GANTI Q801 DAN Q804 C4804/A1215



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : t20m88
Gejala : raster polos,blawur,OSD ada tapi tdk jelas,tdk fokus.suara ada.
Penyebab : tegangan fokus tidak normal
Solusi : stel kmbali trimpot fokus FBT,lepas dan cek soket CRT,ukur resistansi pin gnd CRT thd pin lainnya,posisi ohm meter x10k,jika jarum bergerak sdikit saja,sebaiknya ganti soket.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 21 Inch
Gejala : Pertama dihidupkan Gambar Buram (tdk Focus).Setelah +/- 5 menit, gambar berangsur normal
Penyebab : Socket tabung korosi ( Kotor )
Solusi : Ganti Socket Tabung



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : mc691wj
Gejala : gambar redup dan terang bergantian
Penyebab : ground rgb bermasalah
Solusi : solder ulang kabel ground


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC14V11
Gejala : B+ tinggi jadi 110V, normal 90V,protek kerja
Penyebab : R832 (5k6) terbakar, R837 (1K) putus
Solusi : Ganti R832 dan R837


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : st1465
Gejala : suara mengecil
Penyebab : IC 2145 rusak
Solusi : ganti IC 2145


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc2076rs
Gejala : mati total, ada suara mendesis,flyback bocor
Penyebab : terkena petir,flyback bocor dan rusak
Solusi : ganti flyback


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : alfa gold series
Gejala : mati total,led indikator mati
Penyebab : kerusakan power supply
Solusi : cek elco2,ic 7805 pada bagian regulator


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 14S10J
Gejala : layar putih dan garis blangking putih
Penyebab : resistor R 374 1ohm/2watt putus akibat dari IC TDA 6107JF short
Solusi : ganti R 374 dan ic TDA 6107JF dengan yg baru


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc 2088
Gejala : suara sember
Penyebab : dioda 2301 short
Solusi : ganti D2301

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-20S11J
Gejala : hanya standby,tombol di tv tidak berfungsi meskipun dari remot tetap standby
Penyebab : tegangan AC220 tidak stabil
Solusi : ganti TR DRIVER horizontal D1275A atau C1573
Catatan : Periksa semua tegangan dari regulator harus stabil. kalo oper. tr selalu mati


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : ts14s100
Gejala : bunyi klek-klek
Penyebab : sepasang r470k drop
Solusi : teg b 90 drop hihg- low cari r 470knya di ganti aja,,cek elco 47/50v yang lainnya
Catatan : biasa tv mdel gini sering terjadi


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 21 top dome
Gejala : gambar kelihatan redup.
Penyebab : r rusak
Solusi : ganti resistor 525 dengan nilai 137k ohm,yaitu resistor pada abl dari B+.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC-21GX20J
Gejala : mati total
Penyebab : tegangan transient
Solusi : ganti transistor horisontal


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : 21 inch
Gejala : mati total
Penyebab : kerusakan ic eeprom
Solusi : ganti ic eeprom


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc-20s11j
Gejala : Tv tidak dapat on dan hanya terdengar suara ceklak-ceklik.
Penyebab : Dioda penyerah untuk elco 100/160 volt dalam keadaan short.
Solusi : Ganti dioda tersebut dengan dioda 3 Amper,pilih dioda yang mempunyai tegangan breakdown diatas 600 volt.
Catatan : Dioda tersebut short menyebabkan tidak dapat terisinya elco 100/160 volt,sehingga tv tidak dapat on.



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : NICAM STEREO
Gejala : TV di nyalakan sekitar 1-2 menit mati sendiri,lampu indikator juga ikut mati.
Penyebab : elko 100v10uf pda pwr suply kering,di lihat fisiknya sudah kembung.
Solusi : saya ganti elko tersebut,TV kembali normal.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : GOLDSOUND TC-SERIES
Gejala : GAMBAR HANYA GARIS VERTIKAL MENDATAR JIKA KONDISI TERANG/NORMAL.TAPI NORMAL JIKA KONDISI BRIGHT DI REDUPKAN.
Penyebab : R SHORT
Solusi : GANTI R 525 : 120K / 470K



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : alfa gold
Gejala : gambar sering pindah pindah
Penyebab : tuner
Solusi : awalnya saya lakukan solder ulang dibagian tuner tp tetap sama terus sy coba ganti tuner yg baru alhamdulillah jrengg gambar ok...


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc 2088
Gejala : Ada suara tidak ada gambar,setelah baeberapa jam on maka gambar akan muncul
Penyebab : Terjadi protek pada rangakaian video,yang disebabkan kerusakan pada bagian protek pada blok vertical
Solusi : Coba ganti IC vertikal,kalau masih protek Ganti elco pada basis transistor proteknya 100/50V yang apabila karing maka akan selalu protek pada rangkaian video.
Catatan : syarat tegangan pada output regulator dalam keadaan normal.

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC 2110BC
Gejala : gambar hitam,suara normal
Penyebab : elco 220u/160v kering/bocor
Solusi : ganti elco 220u/160v

Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : lupa boss
Gejala : mati total, suara berdenyit2
Penyebab : zener56v short
Solusi : ganti zener dan masalah teratasi
Catatan : hati chasise nyetrum


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC.21RY21J
Gejala : 1.sinyal gambar lemah mirip gejala kerusakan agc.2.gambar agak sempit atas & bawah
Penyebab : ic 851 teg output 5v berkurang
Solusi : ganti R889 3.3ohm



Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : Goldseris
Gejala : Tv tidakbisa start tegangan melunjak tinggi
Penyebab : Elko 47uf/50v pada rangkaian smps kering ganti kedua duanya
Solusi : Cek tegangan b+ dan zener cek kedua elko 47uf/50v pada bagian primer smps cek juga elko pada bagian sekunder smps
Catatan : Cek rangkaian bost up


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : TC21FJ50J
Gejala : Timbul garis Horizontal
Penyebab : Retak pada bagian IC vertikal
Solusi : solder ulang bagian vertikal dan mengganti capasitor bag. vertikal


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc-2012Rc
Gejala : tidak bisa nyimpan program canel.
Penyebab : salah satu dioda OA90ag ada yang putus/short.
Solusi : cek dari 5 dioda ini salah satu ada yg putus/short.tipe ini susah di dapat di toko.ganti aja pakai bekas radio jadul,tapi ku coba ganti pakai in 4148 bisa.


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : mx series
Gejala : protec,harus menekan tombol power berulang -ulang baru start
Penyebab : elko 10/35v agak short
Solusi : ganti elco 10/35v ato 100/35v


Perangkat : TV
Merek : Panasonic
Model : tc2088
Gejala : Kontras tidak dapat disetel
Penyebab : resistor ABL 220k lemah/ berubah resistansi
Solusi : ganti R 220K ABL



HANYA 50 SAJA INCOM TAK TERBATAS

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Catatan Kerusakan Tv panasonic"

  1. SAYA MAU NANYA PADA PARA MASTER TV, SAYA DAPET SERVISAN TV PANASONIC MODEL 21RX21J, BARU DI HIDUPIN TV NORMAL TRUS KIRA-KIRA 1 MENIT GAMBAR HITAM DAN AKHIRNYA GAK ADA GAMBAR SAMA SEKALI. TRUS BEGITU KLO DI COBA DIHIDUPIN NORMAL GELAP DAN GAK ADA GAMBAR, WLO PUN MAKE VIDIO,
    SAYA MOHON BANTUAN NYA......

    BalasHapus
  2. Saya mau tanya para master,dapet servisan tv Panasonic TX-33V1X, pertama dihidupakan layar cuma polos putih/bukan blanking, setelah remot ditekan sembarang tombol tv bisa normal fiungsinya/ gambar n suara. Tp setelah +-10 menit tv mati sendiri. Tp led tetap nyala,mohon petunjuk para master, terimakasih.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Pak Anung Yth, saya ingin memperbaiki tv panasonic model TC-33V1X. Mohon saran saya harus kemana. Banyak terima kasih sebelumnya

      Hapus
    2. bisa juga bpk
      wisnu bawa ke tuser terdekat atau masih garansi saya sarankan langsung saja di klaim

      Hapus
  4. oke siip gan dilanjut.,

    BalasHapus
  5. Mo nanya nih mas panasonic tc20..tr horisontal panas saat yoke dipasang trs tr hor mati tp yoke d lepas fbt bkrja nrml tr pun ga panas kr2 apanya y

    BalasHapus
  6. coba bos cek Capasitor di sekitar rangkaian horisontal

    BalasHapus

Jangan hanya baca kasih komentar dong....
NB:komentar Anchor Text segera di hapus