Power Suply 30 ampere drop

Beberapa kali admin Memperbaiki power suply 30 ampere tegangan drop untuk suply radio Rig rekan Breaker dalam beberapa kasus tegangan drop saat transmit pada tegangan 13,8 volt  untuk Power midle maupun high.

Spesifikasi power suply rakitan trafo Era 20 ampere rangkaian driver yang di gosok nomer seri ic nya kemungkinan ic lm 723 saya bandingkan skema nya  transistor jengkol 2n3055 sebanyak 6 biji ya cukup mumpuni untuk suply power radio rig pada high power rata rata keluar power 30 watt sampai 75 watt kalau belum di naikan power nya.

Tidak lama box power suply sudah di bongkar tak cek tegangan utama 20volt dc keluaran masih normal di ajust 8- 15volt tanpa beban berdasarkan pengalaman saya cek transistor jengkol  dioda oke kabel juga bagus output pake 2mm  rangkaian driver oke semua.

Yang menjadi mencurigaan saya di situ resistor kapur 6buah keluaran dari emitor jengkol pake tesistor 22ohm 5wat saya ganti dengan 0,1 ohm 5 watt semua test radio rig dengan  power Midle sudah oke. Saya naioan ke high power wow masih drop tegangan 13,8 volt saat transmit drop 12 volt di sertai suara hum pada Rx.

Cek selanjutnya  akhirnya ketemu pada jumper trafo era 20ampere 0 - 110 -  117 dan sebelah kanan juga sama 0-110--117 yang jumper sebelumnya 117 - sama 0 sebelah kanan dan input tegangan pln 220 volt di sambung ke 0 dan satunya lagi 117. Jadi lilitan primer sesuaikan dengan tegangan PLN

Kerusakan power suply drop bisa sama penangananya bisa juga beda penangananya pernah juga menemukan instalasi pakai kabel aluminium lapis tembaga juga bikin drop



Posting Komentar untuk "Power Suply 30 ampere drop"