No Vertikal-sync penyebab mikrokontrol mati protek dan video blank

Didalam skema umumnya pin-input mikrokontrol untuk sensor masukan mati protek (yang menyebabkan led kedip) diberi nama “PROT” atau “X-ray”. Tergantung dari modelnya, menurut pengamatan kami sebagai sumber triger tidak selalu sama dan dapat diperoleh antara lain dari :

* Pulsa-pulsa vertikal yang disearahkan menjadi tegangan dc dari sirkit vertikal-out (V guard)
* Pulsa-pulsa dari flyback yang disearahkan menjadi tegangan dc (X-ray atau EHT)
* Tegangan-tegangan output regulator (misalnya tegangan output 7805, 7809, 7812, atau tegangan 180v)
* Tegangan ABL (jika tegangan ABL drops protektor kerja)
* Arus suply B+ (over current)
* Arus suply bagian vertikal-out (over current)
* Data memori korup

Suatu saat kami menjumpai problem mikrokontrol protek (Sony dengan mikrokontrol CXP85224). Kami lacak lewat skema pin-Xray input tidak digunakan. Lalu dari mana sumber yang digunakan sebagai input kerja protektor? Kami periksa dari skema tidak ada satupun dari contoh sumber-sumber protek diatas dihubungkan ke mikrokontrol.
Setelah cari-cari informasi kesana-sini dan kami coba.

* Ternyata bahwa mikrokontrol tidak terima sinyal VS (vertikal sync) sebagai penyebab mati protek. Kerusakan disebabkan karena transistor inverter pada jalur sinyal VS rusak. Sinyal VS dan HS (horisontal sync) paa mikrokontrol umumnya diperlukan sebagai sinyal pembentuk OSD.
* Pengalaman kami yang lain pada model-model tertentu, tidak ada sinyal VS ke mikrokontrol dapat menyebabkan sinyal video blank (raster gelap).

Posting Komentar untuk "No Vertikal-sync penyebab mikrokontrol mati protek dan video blank"