DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2017 Jayalah Negriku Jayalah Bangsaku Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Kita Tingkatkan Semangat Pembangunan dan Pendidikan Untuk Indonesia yang Lebih Maju

TV SHARP Qbeat ada suara dan OSD tapi tak ada gambar!

Sore tadi dapet panggilan service tv di desa Rejomulyo kecamatan Kartoharjo,sesampainya di TKP tv langsung saya ONkan sebentar untuk mengecek keluhannya,dan keluhan pertama adalah ketika tv di ON kan led indikator nyala merah,tekan tombol POWER di remot led indikator nyala hijau sebentar terus balik nyala merah tanpa kedip sama sekali,di tekan tombol POWER di remot sudah nggak respon lagi,hmmmm.....okelah!

Bismillahir Rohman Nirrohim......tv langsung saya bongkar,tv ini menggunakan aisy single TDA9381PS/N2/1/0747 (IX3368CEN6),aisy vertikal TDA8357J dan STR F6653,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di B+ nya ketika posisi led indikator nyala hijau sebentar,dan hasilnya ada tegangan 115V,ukur transistor horizontal D1877 nya juga masih oke,ukur tegangan 180V ketika led indikator nyala sebentar 0V,ukur H/T juga 0V,tegangan 40V vertikal juga 0V,naaaaaah........FBTnya nggak beres nih! lalu saya copot FBT dari mainboardnya,saya teliti di sekeliling bodynya ternyata memang mau njebrot,langsung aja kabur ke toko Barokah Elektronik ndilalah stock habis,akhirnya F0193PEN1-SA saya ganti dengan F0101KM-SA.

Setelah FBT terpasang kemudian tv saya ON kan dan m@k CRAAAAK.....tv langsung nyala,OSD sudah nongol, suara juga oke,tapi gambarnya kok nggak nongol ya? waduh cilekek iki.....

Masya Alloooooh.....ternyata nggak ada tegangan sama sekali alias 0V,ck...ck...ck...ck....ck...ngejar maling tegangan lagi deh hihihihihihi.........setelah berburu di dapati R609 dalam kondisi hangus,buka skemanya di ponsel dan ternyata R609 senilai 15K,langsung ganti dengan yang baru,kemudian tv saya ON kan dan gambarpun langsung nongol,Alhamdulillahir Robil Alamin........kemriuk juga ternyata hehehehehe.........
Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi rekan-rekan dan SUKSES buat sampean-sampean SEMUA!!!!

Berlangganan Gratis Update: