Elko kering Tv Cina - Arjun Service
Selamat Datang di Blog Arjun Service info service elektronik

Elko kering Tv Cina

Jika kita mengalami masalah seperti dibawah ini biasanya terjadi apabila Elko utama pada Regulator atau Power Supplay TV tersebut kering atau rusak, yang biasanya kita terkadang mengira kerusakan ada dibagian rangkaian setelah regulator, tapi memang tidak semua gejala kerusakan TV disebabkan oleh komponen yang sama atau area yang sama, dan kadang juga kita salah prediksi dalam menentukan suatu penyakit TV.

Jadi disini kita akan bahas tentang gejala yang ditimbulkan dari Elko Besar atau Elko utama dari Regulator sudah kering, dan tentunya pasti sangat berpengaruh pada normal hidupnya mesin TV, walaupun memang termasuk jarang juga terjadi tapi kadang kita temukan juga hal tersebut, apalagi jika kualitas komponen jelek misalnya terjadi pada mesin TV China yang pernah dialami atau pada Polytron dan merek lain juga bisa terjadi keringnya Elko tersebut.

Elko ini biasanya mempunyai tegangan kerja antara 350 volt sampai 450 volt, yang nilainya biasanya berukuran antara 100uF sampai 330uF, ukuran tersebut biasanya tergantung dari ukuran layar CRT TV tersebut.

Untuk mengecek langsung dari rangkaian PCB biasanya Jika kita ukur pada kaki elko tersebut kedapatan drop tegangan, yang normalnya sekitaran antara 300volt kurang sedikit apabila dipasang pada listrik 220volt AC, rumus tegangan DC pada Elko tersebut ialah : 1.4 x tegangan AC input.

Jika terjadi kering Biasanya pengaruhnya pada TV akan menimbulkan gejala seperti berikut:

  • Akan menimbulkan Raster jadi menciut berbentuk kotak dengan tampilan seolah-olah silem timbul atau kotak tetap.
  • Timbul raster menjadi bergelombang atau meliuk-liuk seperti gelombang air dan tampilan layar sedikit kabur terhalang oleh gelombang tersebut.
  • Terdapat semacam garis horizontal yang berjalan secara terus menerus tidak beraturan pada layar TV.
  • Selain terjadi problem garis berjalan pada layar juga disertai dengan suara dari speaker TV yang bergemuruh atau ngosos.
  • Jika diukur saat standby pada tegangan B+ terukur normal tapi jika TV dinyalakan tegangan jadi drop.
  • Jika regulator memakai Fet langsung jebol Fet tersebut apabila di On kan atau TV dicolokan ke listrik.

Gejala diatas merupakan sebagian kasus yang pernah dialami apabila Elco Regulator kering, tapi walaupun kedapatan gejala yang sama seperti diatas tidak mesti dari Elko tersebut yang kering atau rusak, bisa juga dari bagian yang lain yang bermasalah, sebab satu penyakit TV bisa ditimbulkan dari komponen yang berbeda.
Sumber : Basis Elektro

Berlangganan Gratis Update:

0 Response to "Elko kering Tv Cina"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar
No spam anchor text segera kami hapus
Terima Kasih