Aiwa Gambar Gelap Suara Normal

Aiwa TV-C1422SHR datang dengan kondisi suara normal dan gambar gelap gulita. Ia menggunakan IC single TDA 9381PS/N2/3/0478. TV saya bongkar, seperti biasa clean pcb dengan thinner dan check kondisi visualnya, ternyata ok . Selanjutnya saya nyalakan TV check B+, 180V, G2, heater semuanya normal. Coba naikan potensio sceen FBT tidak ada tanda tanda raster nongol. Apa ya?....Pengecheckan selanjutnya yaitu check capasitor kopel G2 check dengan capasitipmeter ternyata ok juga. Coba saya periksa tegangan output dititik RGB nya, ternyata ada satu gun biru tegangannya sekitar 200V dc, yang lain 150Vdc. Apa mungkin karena ini, biasanya tv tetap keluar gambar meski satu katoda problem. Tapi ini tidak. Akhirnya saya telusuri jalur katoda Biru yang masalahnya short pada jalur pcbnya. Coba saya bersihkan jalur tsb dan saya nyalakan tv m@k byarr (kata kang Aisy) rasterpun muncul, dan tegangan katoda pun normal (sekitar +150V).

  Besoknya pagi pagi tv saya nyalakan tv kembali gelap, langsung saya check tegangan katodanya dan kembali katoda biru tidak normal tegangannya (200V). Permasalahan memang tak jauh dari jalur yang short, akhirnya satu transistor penguat katoda biru kaki kolector saya connect dari atas setelah sebelumnya saya kupas jalur pcb yang short tsb. Kejadian ini terjadi 2 bulan yang lalu dan tv tetap normal. Buat rekan yang ingin memberi saran masalah ini saya tungu commentnya, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Aiwa Gambar Gelap Suara Normal"