Perbedaan Retail, OEM, MSDN dan Volume License windows 7

Dalam penjualan produknya, Microsoft membedakan produknya dengan beberapa lisensi berbeda sesuai kebutuhan pembelinya. Ada Retail, OEM, MSDN dan Volume License. Pada artikel ini Saya akan menjelaskan satu persatu.

Retail
Biasa disebut juga FPP (Full Package Product). Dijual dalam bentuk box yang dilengkapi sertifikat COA (bukti keaslian berbentuk stiker dan hologram, yang berisi serial number windows) pada kotak tersebut, kotak tersebut harus disimpan untuk menunjukan keaslian windows yg dipakai. Apabila ada hardware yang diganti atau rusak, kemudian install ulang windows, maka pada saat melakukan validasi ulang, serial akan tetap berlaku. Pergantian hardware hanya diberikan batas beberapa kali.
OEM
Biasanya dijual dalam paket laptop ato PC baru, sertifikat COA ditempel pada bagian casing. OEM bisa juga dijual terpisah (dalam bentuk CD installer + COA) yang tidak dilengkapi box. COA harus ditempel pada bagian casing untuk menunjukan keaslian windows yang dipakai. Apabila ada hardware yang diganti atau rusak (khususnya motherboard dan proc), kemudian install ulang windows, maka pada saat melakukan validasi ulang, serial tidak akan berlaku. Serial key tidak bisa dipakai pada komputer yang berbeda pada waktu validasi.
MSDN
Adalah singkatan dari Microsoft Developer Network, adalah Jaringan Pengembang Software Microsoft yang menjual software Microsoft kepada institusi / pengembang software yang memiliki perjanjian dgn microsoft. Software tesebut bisa berupa Visual Basic, Visual C++, Visual Studio, Visual Foxpro, Windows OS dsb. Licenced MSDN didapat dengan cara Subscription (berlangganan) dalam jangka waktu sesuai dengan perjanjian. Secara materi isi MSDN OS, sama aja dengan Windows 7 RTM / Vista / XP yg beredar dipasaran. Jadi Versi Windows MSDN itu dijual hanya untuk Intitusi / Perusahaan dan tidak dapat diperjualbelikan kembali kepada end-user sesuai dengan MSDN EULA
Volume Lincense
Dijual kepada sebuah perusahaan / institusi berdasarkan suatu perjanjian. Dengn jumlah quantity tertentu. Dan dilengkapi dengan seritifikat bukti kepemilikan.