Menampilkan menu Start Windows 8



Bagi yang sudah mencoba windows 8 developer priview, mungkin sudah mengetahui bahwa microsoft telah membuang menu start model lama dan di gantikan dengan layar start model baru. tidak ada opsi untuk memunculkan kembali model start menu lama seperti di windows 7 maupun vista.
Nah dalam artikel beriku ini kita akan berbagi tips tentang cara memunculkan kembali start menu model lama seperti di windows 7 dan vista. disini akan ditunjukkan 3 cara yaitu:
  • Memakai Hack Registry.
  • Dengan mengganti nama file sistem.
  • Memakai program pihak ke-3
Cara Pertama: Memakai Registry Hack
Cara ini melibatkan sedikit memodifikasi registry windows 8 dan dapat mengembalikan start menu model lama di windows 8, perlu di ingat metode ini juga akan menonaktifkan antarmuka pengguna pita (Ribbon UI) dan pita di windows explorer.
Tekan tombol keyboard “WIN+R” (tombol bergambar logo windows dan hurup R) untuk menjalankan kotak dialog RUN, ketik regedit dan tekan Enter, ia akan menjalankan Jendela Registry editor, kemudian navigasi ke barisan berikut:
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

*Di panel sebelah kanan ganti nilai dari RPEnabled ke 0



*Selesai, langkah diatas akan menampilkan start menu model lama di windows 8



NB: Jika ingin mengembalikan ke settingan semula, ganti ajah nilainya menjadi 1 kembali
Cara Kedua: Dengan mengganti nama file sistem.
Cara berikut ini melibatkan penggantian nama file sistem “shsxs.dll”. cara ini akan mengaktifkan start menu model lama di windows 8, dan menonaktifkan start screen model baru. tidak seperti cara yang pertama, antarmuka pengguna Pita tidak akan ikut di nonaktifkan di windows explorer.
Tekan tombol keyboard “WIN+R” (tombol bergambar logo windows dan hurup R) untuk menjalankan kotak dialog RUN, ketik %windir% dan tekan Enter, kemudian akan terbuka jendela folder Windows.
  1. Cari file yang bernama shsxs.dll, kemudian ganti namanya menjadi nama lain, misalnya: shsxs.dll.bak
  2. Jikalau ada nongol error pada proses penggantian nama filenya, coba di “take ownership” dahulu filenya.

  3. Selesai, silahkan di restart windows 8 anda, kemudian akan muncul start menu model lama ala windows 7/vista di windows 8
Cara Ketiga: Memakai program pihak ke-3
Jikalau tidak bisa atau ngga mengerti dengan kedua metode diatas, silahkan gunakan perangkat lunak yang bernama MetroController,

sebuah utilitas yang akan menonaktifkan antarmuka pengguna Metro, Start screen dan Antarmuka pengguna Ribbon di windows explorer.

DONLOAD MetroController

Posting Komentar untuk "Menampilkan menu Start Windows 8"